Senin (13/02) Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) memiliki peran penting dalam mengawasi dan memastikan bahwa jajanan yang dijual di sekolah aman dan sesuai dengan standar keamanan dan kualitas yang ditentukan. Dalam rangka ini, Badan Pengawasan Obat dan Makanan melakukan sosialisasi ke SMP Islam As-Shofa pada hari Senin 13 Februari 2023. Sosialisasi ini disampaikan oleh Ibu Dra. Syelviyane Pelle, Apt., MPPM Dan Bapak Muhammad Rusydi Ridha, S.Farm., Apt., M.Farm., M.H..

Ibu Dra. Syelviyane Pelle, Apt., MPPM menjelaskan peran penting BPOM dalam mengawasi jajanan di sekolah untuk memastikan bahwa siswa-siswi memperoleh jajanan yang sehat dan aman bagi kesehatan mereka. Ini juga membantu untuk mencegah masalah kesehatan yang disebabkan oleh jajanan yang tidak aman.

Pemateri kedua yaitu, Bapak Muhammad Rusydi Ridha, S.Farm., Apt., M.Farm., M.H. memberikan edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya memilih jajanan yang sehat dan aman bagi kesehatan siswa. Poin penting yang disampaikan dalam sosialisasi ini adalah siswa SMP Islam As-Shofa tau dan paham mengenai program nasional yang Bernama “Cek KLIK”. Cek KLIK adalah cek kemasan, cek label, cek izin edar, dan cek kedaluwarsa adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memastikan bahwa produk kesehatan yang akan dikonsumsi aman dan berkualitas.

  1. Ini adalah beberapa cara untuk memastikan produk kesehatan yang dikonsumsi aman dan berkualitas
    Cek Kemasan: Pastikan kemasan produk kesehatan tidak rusak atau bocor, dan bahwa informasi yang tercantum pada kemasan akurat dan lengkap.
  2. Cek Label: Pastikan label pada produk kesehatan memiliki informasi yang lengkap dan akurat seperti nomor registrasi produk, tanggal kadaluarsa, dan bahan baku.
  3. Cek Izin Edar: Pastikan produk kesehatan memiliki izin edar yang sah dari BPOM sebelum membelinya.
  4.  Cek Kedaluwarsa: Pastikan tanggal kedaluwarsa pada produk kesehatan masih valid dan tidak melewati batas waktu yang ditentukan.
    Dengan melakukan langkah-langkah ini, siswa SMP Islam As-Shofa dapat memastikan bahwa jajanan yang dikonsumsi aman dan berkualitas, serta sesuai dengan standar yang ditentukan oleh BPOM.

Disela sela penyampaian materi, Ibu Syelviyane dan Bapak Rusydi melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi kepada siswa-siswi SMP Islam As-Shofa. Interaksi ini mengundang antusias siswa-siswi karena ada hadiah menarik bagi yang bisa menjawab.
Secara keseluruhan, kunjungan pihak BPOM sangat bermanfaat bagi siswa, guru, dan semuanya dalam memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran penting BPOM dalam memastikan kualitas dan keamanan produk obat dan makanan. Ini juga menambah rasa hormat dan terima kasih kita terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh BPOM untuk kesehatan masyarakat.

Keseruan sosialisasi oleh Badan POM dapat dilihat di: s.id/SosialisasiBPOM_SPAIFA