Proses kebersamaan dan kegiatan-kegiatan keluarga besar Yayasan Islam As-Shofa Pekanbaru yang pernah dilalui dari waktu ke waktu, mungkin tidak akan dapat diulas kembali secara keseluruhan. Namun  sebuah silaturahmi antar sesama pribadi maupun  kelompok dapat memberikan makna yang begitu besar, karena dari setiap pertemuan Insya Allah ada hikmah serta manfaat dibalik semuanya.

kami sangat merasa senang dan bahagia dengan diadakannya acara (Halal Bi Halal, Pelepasan Jama’ah Haji dan Pengukuhan Komite Sekolah Yayasan As-Shofa) pada tanggal 23 Agustus 2014 ini, waktu yang sesaat begitu terasa nikmat tanpa ada kesenjangan antar pribadi-pribadi yang bertemu dan saling berbagi. Allah.SWT menganjurkan umat-umatnya untuk saling menyambung silaturahmi dalam kitabnya.

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu” (QS. an-Nisa’: 1).

Acara yang diadakan di Mesjid As-Shofa ini, makin memper-erat ukhuwah antar sesama mukmin. Dengan diteruskan pada acara Pelepasan Jama’ah Haji yang merupakan  Rukun Islam ke Lima. Dalam kitabnya Allah.SWT menjelaskan : Dan diantara kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana (Q.S Ali Imran:97). Melalui acara ini, para hadirin dan hadirad yang hadir juga semakin yakin bahwa kebersamaan dan niat dari hati yang tulus dapat mempermudah jalan bgi setiap mukmin.

Selain itu, para guru-guru yang hadir juga semakin termotivasi untuk lebih meningkatkan mutu pendidikan di Yayasan Islam As-Shofa kita bersama, yang dari waktu ke waktu juga akan melalui proses pembaharuan-pembaharuan metode pembelajaran. Dan disaat kebersamaan ini juga diadakanlah Pengukuhan Komite Sekolah yang baru. Bukan dengan maksud untuk memamerkan diri pribadi. Tapi bertujuan untuk saling mengenal antara satu dengan yang lain dan terciptanya komunikasi yang baik.